Kegiatan

Antisipasi Covid-19, Dinkes Lakukan Rapat Koordinasi

Dalam upaya meminimalisir dan mencegah masuk dan merebaknya virus corona atau Covid-19 di Kabupaten Sijunjung, Dinas Kesehatan melakukan rapat koordinasi dengan seluruh jajaran Dinas Kesehatan (16/03), seluruh Puskesmas, Gudang Farmasi Kabupaten (GFK) dan Labor Kesehatan Daerah (Labkesda) juga Forum Kabupaten Sijunjung Sehat (FKSS). Rapat koordinasi antisipasi Covid-19 ini dihadiri oleh Bupati Sijunjung Yuswir Arifin. Dalam arahannya beliau menyampaikan agar kita semua dapat melakukan cuci tangan dengan sabun, meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat untuk mencegah tertular dari corona virus ini serta menggunakan masker jika terkena flu dan batuk agar tidak menularkan ke orang lain.

Dalam laporan Kepala Dinas Kesehatan drg. Ezwandra, M.Sc untuk mencegah dan antisipasi cepatnya penularan Covid-19 dibentuk tim reaksi cepat penaganan covid-19 Kabupaten Sijunjung dan untuk setiap puskesmas, serta juru bicara Dinas Kesehatan dalam penyampaian release informasi jika ada suspect maupun kasus covid-19 di Kabupaten Sijunjung dan melakukan penguatan-penguatan pemantauan surveilans di tingkat puskesmas . Dalam laporannya juga disampaikan skenario rujukan jika ada orang yang sakit dengan diagnosa suspect Covid-19 “kita akan merujuk pasien tersebut langsung ke rumah sakit rujukan covid-19 yaitu RSUP M. Djamil Padang atau RSUD Ahcmad Muchtar Bukittinggi untuk mengurangi orang yang terpapar”.

Dalam rilis Kementerian Kesehatan RI melalui situs https://covid19.kemkes.go.id tentang perkembangan corona-19. Semenjak 30 Desember 2019 sampai 16 Maret 2020 pukul 08.00 WIB, terdapat 1.138 orang yang diperiksa dari 28 Provinsi dengan hasil pemeriksaan yaitu 1.011 orang negatif (188 orang ABK kru kapal World Dream dan 68 orang ABK Diamond Princess), 117 kasus konfirmasi positif COVID-19 dan 10 sampel masih dalam pemeriksaan.

Berita ini disiarkan oleh Subbag Program Informasi dan Humas Dinas Kesehatan Kabupaten Sijunjung. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi Dinas Kesehatan dengan nomor Telp/Fax. (0754) 20056 dan alamat email: dinkes@sijunjung.go.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *