Sab. Des 14th, 2019

Cegah PTM Dinkes Lakukan Seminar Upaya Pengendalian PTM

2 min read

Dalam upaya pengendalian penyakit tidak menular (PTM) yang saat ini (28/11) berkembang di lingkungan masyarakat dan salah satu rangkaian kegiatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) Ke-55 Tingkat kabupaten Sijunjung, Dinas Kesehatan melalui Seksi PTM melakukan seminar dengan tema Healthy Life Style Kemitraan dalam Mencegah Penyakit Kronis Degeneratif di Masa Tua. Seminar dilaksanakan di Hotel Bukik Gadang diikuti oleh Camat dan Walinagari se-Kabupaten Sijunjung serta petugas puskesmas, dengan pembicara dr. Hardisman MIHD, Ph.D merupakan putra asli Sijunjung yang saat ini bertugas di Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran Universitas Andalas Padang.

Kegiatan seminar tersebut dibuka oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sijunjung drg. Ezwandra, M.Sc. Dalam sambutannya Kadinkes menghimbau agar perlu waspada dengan penyakit-penyakit tidak menular seperti diabetes, hipertensi dan jantung dan lainnya, karena penyakit tersebut muncul kadang tanpa gejala. Manfaatkan sarana pelayanan kesehatan dan aktif memeriksakan diri di posyandu PTM serta berprilaku hidup sehat merupakan upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah PTM tersebut. Beliau menambahkan agar Bapak Camat serta walinagari dapat turut menginformasikan kepada masyarakat dan memberikan dukungan terhadap Pencegahan penyakit tidak menular tersebut.

Penyakit Tidak Menular (PTM) adalah penyebab kematian terbanyak di Indonesia. Data Riset Kesehatan Dasar tahun 2018 menyebut prevalensi penyakit tidak menular naik dari tahun 2013. Penyakit tidak menular yang paling banyak dialami orang Indonesia diantaranya adalah hipertensi, stroke, gagal jantung, diabetes melitus dan kanker. Yang memicu penyakit tidak menular tersebut berasal dari berbagai faktor, seperti kebiasaan merokok, diet atau pola makan yang tidak sehat, minim aktivitas fisik, dan konsumsi minuman beralkohol serta faktor keturunan atau riwayat kesehatan keluarga.

Berita ini disiarkan oleh Subbag Program Informasi dan Humas Dinas Kesehatan Kabupaten Sijunjung. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi Dinas Kesehatan dengan nomor Telp/Fax. (0754) 20056 dan alamat email dinkes@sijunjung.go.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2019. | Dinas Kesehatan Kabupaten Sijunjung