Kegiatan Pokja Nagari Sehat

05 Okt 2016 , Fitriadi

Melalui Seksi Kesehatan Lingkungan,  Forum Kab.Sijunjung Sehat melaksanakan kegiatan Workshop Kelompok Kerja  (Pokja ) Nagari Sehat  yang diselenggarakan selama 3 (tiga) hari dari tanggal 19 s/d 21 September 2016  di Wisma Keluarga Muaro Sijunjung dengan jumlah peserta 37 orang yang berasal dari salah satu pengurus pokja nagari  di 8 Kecamatan Kab.Sijunjung yang dibuka oleh Sekretaris Tim Pembina Forum Kab.Sijunjung yang diwakili oleh  Sekretaris Dinas Kesehatan Kab.Sijunjung Bpk.Arry Yuswandi,MKM

Tujuan dari kegiatan tersebut adalah untuk meningkatkan pemahaman pengurus Pokja Nagari Sehat terhadap tugas dan Fungsi  kelembagaan serta tatanan Forum Kab.Sijunjung Sehat dalam mewujudkan Kabupaten Sijunjung Sehat.

Sebagai Narasumber atau Fasilitator pada kegiatan tersebut adalah Pengrus Harian Forum Kab.Sijunjung Sehat yang menjelaskan tentang Tugas dan Fungsi Kelembagaan sedangkan penjabaran tentang Tatanan Kab/Kota Sehat adalah dari SKPD terkait, diantaranya :

1.    Tatanan Tatanan Permukiman, sarana dan prasarana umum (Dinas PU)

2.    Tatanan Pangan dan Gizi  (BP4KKP)

3.    Tatanan Hutan Sehat ( Dinas Kehutanan)

4.    Tatanan Lalu Lintas Tertib dan Pelayanan Transportasi ( Dinas Perhubungan)

5.    Tatanan Industri dan Perkantoran Sehat   ( Dinas Koperindag)

6.    Tatanan Masyarakat Sehat yang mandiri (Dinas Kesehatan)

7.    Tatanan Pariwisata Sehat (Dinas Parsenibudpora)

Di hari terakhir pelaksanaan workshop ini, peserta membuat 15 rekomendasi yang ditujukan ke Pemerintah Daerah yang terkait dengan usaha perwujudan Kab.Sijunjung Sehat.            15 Rekomendasi tersebut antara lain :

1.    Memohon Pemerintah khususnya Pemerintah Nagari untuk dapat menambah biaya operasional Pokja Nagari Sehat menggingat  Verifikasi 2017 akan berlangsung.

2.    Mendesak Pemerintah Daerah agar dapat menerbitkan aturan yang tegas dalam menjaga kelestarian sungai dan lingkungan sungai.

3.    Mendesak Pemerintah agar segera mengambil langkah-langkah tegas dan konkrit dalam menertibkan tambang liar.

4.    Mendesak Pemerintah agar dapat mereklamasikan tanah pasca tambang liar dengan program nyata.

5.    Mendesak Forkompida agar dapat menindak dan memberantas oknum-oknum aparat hukum yang menjadi backing tambang liar.

6.    Mengusulkan pada Pemerintah agar memanfaatkan Reast Area Lubuk Batu Jorong Simancung Nagari Padang Sibusuk Kec.Kupitan  untuk kegiatan promosi produk-produk home industri Kab.Sijunjung.

7.    Mendesak Pemerintah agar dapat menerbitkan Regulasi Persampahan dan hal-hal terkait penanganan sampah

8.    Mendesak pemerintah dan Forkompida agar pro aktif dan jujur dalam rangka memberantas ilegal loging dalam rangka menjaga hutan sehat.

9.    Mengusulkan pada Pemerintah agar nagari sehat masuk pada kurikulum muatan lokal di sekolah.

10.  Mengusulkan pada Pemerintah agar bagi masyarakat yang memeriksakan airnya ke labkesda melalui pokja nagari agar dapat keringanan biaya.

11.  Mendesak Pemerintah agar dapat mewujudkan tempat pembuangan akhir sampah yang terintegrasi dengan pelaksanaan Bank Sampah.

12.  Mendesak pemerintah nagari melalui Bupati Sijunjung agar kantor  nagari wajib menyediakan ruang sekretariat Pokja Nagari

13.  Mendesak pemerintah nagari melalui Bupati Sijunjung agar kantor nagari wajib menyediakan area khusus tempat merokok.

14.  Mengusulkan pada Pemerintah dan Forkompida agar secara berkala mengadakan tes urine bagi aparat  penegak hukum.

15.  Mendesak Pemerintah agar mewujudkan Pasar Sehat

 

dan di akhir kegiatan tersebut juga peserta membuat Rencana Tindak Lanjut yang terkait dengan tugas dan peran nya sebagai pengurus Pokja Nagari Sehat untuk mewujudkan Nagari Sehat dan Rencana Tindak Lanjut ini akan di pantau kembali oleh Pengurus Harian Forum Kab.Sijunjung setelah peserta kembali dari mengikuti kegiatan workshop ini.

 

web-dinkes/anik-kesling/IX/2016