Ming. Nov 17th, 2019

Dinkes Sijunjung

Mewujudkan Nagari Madani yang Maju, Jaya, Adil dan Sejahtera

Bagikan Masker, Upaya Pemkab Sijunjung Antisipasi ISPA

1 min read

Muaro – Untuk mengantisipasi tingginya pengidap Inpeksi Saluran Pernapasan Akut ( ISPA) akibat kabut asap kebakaran hutan dan lahan (karhutla), Pemerintah Daerah Sijunjung bagikan masker kepada para pengendara terutama kendaraan roda 2 .

Hal ini dilakukan melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Dinas Kesehatan Kabupaten Sijunjung.

Pembagian itu berlangsung di dua tempat yakni kawasan simpang tanah badantuang serta di simpang tugu Muaro Sijunjung, Jum’at (13/9/19).

Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD, Arif Budiman menjelaskan masker yang dibagikan sebanyak 2.100 buah, yang mana BPBD membagikan sebanyak 1.600 buah masker, sedangkan dari Dinas Kesehatan sebanyak 500 buah masker.

” Masker yang dibagikan merupakan bantuan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pusat,” jelasnya.

” Adapun upaya yang akan dilakukan jika kabut asap tidak berkurang, kami akan melakukan pengadaan masker lagi ke Provinsi dan bisa juga beli sendiri dari anggaran APBD, ” ungkapnya.

Sementara itu Kepala BPBD Kabupaten Sijunjung Hardiwan mengatakan pembagian masker tersebut bertujuan untuk mengedukasi kepada masyarakat agar tidak terpapar secara langsung kabut asap akibat kerhutla yang saat ini sedang berlangsung di Provinsi Riau.

Untuk itu ia berharap dengan dibagikan nya masker ini bisa mengatasi secara dini Inpeksi Saluran Pernapasan Akut ( ISPA).

Maka dari itu ia mengimbau kepada masyarakat agar mengurangi aktivitas di luar ruangan selama kondisi kualitas udara yang terus menurun akibat terpapar kabut asap.(Nopen/Ikhsan)@sijunjung.go.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2019. | Dinas Kesehatan Kabupaten Sijunjung