Jum. Jan 17th, 2020

Sijunjung Lulus TAS 2

1 min read

Kabupaten Sijunjung merupakan daerah endemis filariasis, untuk mencegah meluasnya penyakit tersebut, pemerintah kabupaten Sijunjung telah melakukan Pemberian Obat Pencegahan Massal (POPM) filariasis pada tahun 2012-2016. Tahun 2017 Kabupaten Sijunjung juga telah melaksanakan Survey Pre TAS dan TAS tahap I. dilanjutkan dengan TAS tahap 2 pada 29 November – 7 Desember 2019 di 39 SD/MI di kabupaten Sijunjung yang dipilih melalui Survey Sample Builder (BBS).

Kegiatan TAS 2 ini dilaksanakan dengan bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat dan Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian penyakit (BTKLPP) Kelas 1 Medan. Dari 1.548 sampel yang diperiksa semuanya negative dari micro filaria dan Kabupaten Sijunjung dinyatakan “LULUS TAS 2” dan direkomendasikan untuk pelaksanaan TAS 3 pada tahun 2021 untuk mencapai Eliminasi Filariasis.

TAS (Transmission Assessment Survey) merupakan salah satu langkah penentuan eliminasi filariasis (kaki gajah) yang dilakukan pada siswa SD/MI kelas 1 dan 2 dengan menggunakan Rapid Brugia.  Kegiatan ini bertujuan untuk menilai berhentinya penularan penyakit.

Berita ini disiarkan oleh Subbag Program Informasi dan Humas Dinas Kesehatan Kabupaten Sijunjung. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi Dinas Kesehatan dengan nomor Telp/Fax. (0754) 20056 dan alamat email dinkes@sijunjung.go.id

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2019. | Dinas Kesehatan Kabupaten Sijunjung