News

Sijunjung Siap Melaksanakan Vaksinasi Covid 19

Kabupaten Sijunjung telah menerima 2200 dosis vaksin Covid 19 dari Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat untuk 2 kali vaksinasi. Dalam upaya mencegah penyebaran memutus mata rantai penularan COVID-19 salah satu upaya yang dilakukan pemerintah adalah dengan pemberian vaksinasi. Tahap pertama ini vaksinasi akan diprioritaskan tenaga kesehatan dan petugas pelayan publik. Pengambilan vaksin Covid 19 dilakukan Dinas Kesehatan Kabupaten Sijunjung pada hari Kamis tanggal 28 Januari 2021 melalui Gudang Farmasi Kabupaten Sijunjung ke Gudang Farmasi Propinsi Sumatera Barat di Padang. Pengambilan vaksin ini didampingi oleh Kepala LOKA BPOM Dharmasraya dan dikawal dengan 4 orang personil dari Polres Sijunjung.

Perjalanan transportasi vaksin Covid 19 dan logistiknya dari Padang menuju Sijunjung juga dikawal Satuan BRIMOD dengan 8 personil. Vaksin Covid 19 yang dijemput tersebut sampai di GFK Sijunjung pada pukul 14.35 Wib, diterima dan disaksikan oleh Sekretaris Dinas Kesehatan Sijunjung beserta Kabid P2P serta unsur terkait lainnya.
Selanjutnya vaksin Covid 19 disimpan pada Ciller (tempat khusus penyimpanan vaksin) dengan suhu yang harus terjaga antara 2-8 derjat celcius di Gudang Farmasi Kabupaten (GFK) Sijunjung, nantinya “pada hari Senin tanggal 1 Februari 2021 Vaksin Covid 19 akan di distribusikan ke unit pelaksana vaksinasi Covid 19 yang mampu melaksanakan vaksinasi yaitu 13 puskesmas, RSUD Sijunjung dan RSKIA Haryanda” kata Nurraji Kepala Gudang Farmasi Kabupaten (GFK) Sijunjung.

Vaksin yang datang tersebut adalah vaksin COVID-19 buatan Sinovac, bahan pembuatan vaksin ini antara lain dari virus yang sudah dimatikan (atau inactivated virus) dan tidak mengandung sama sekali virus hidup atau yang dilemahkan. Badan POM telah mengeluarkan persetujuan Emergency Use Authorization untuk vaksin Covid-19 atau persetujuan penggunaan dalam kondisi darurat untuk Vaksin COVID-19. Dan MUI menyatakan bahwa vaksin tersebut hukumnya suci dan halal, yang tertuang dalam Fatwa MUI Nomor: 02 Tahun 2021 Tentang Produk Vaksin Covid-19 dari Sinovac Life Science Co. LTD China dan PT Bio Farma (Persero).

Berita ini disiarkan oleh Sekretariat Dinas Kesehatan Kabupaten Sijunjung Subbag Program Informasi dan Humas. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi Dinas Kesehatan dengan nomor Telp/Fax. (0754) 20056 dan alamat email: dinkes@sijunjung.go.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *