PEJABAT DINAS KESEHATAN IKUTI PELATIHAN KONSEP DIRI

04 Apr 2017 , Admin

Pejabat Eselon II, III dan IV serta beberapa staf pengelola program OPD Dinas Kesehatan Kabupaten Sijunjung yang berjumlah 30 orang dibekali dengan Pelatihan Konsep Diri selama tiga hari di Aia Angek Cottage tanggal 31 Maret sampai dengan 2 April 2017.

Konsep diri menurut defenisi (wikipedia.com) adalah pandangan dan sikap individu terhadap diri sendiri. Pandangan diri terkait dengan dimeni fisik, karakteristik individual, dan motivasi diri. Pandangan diri tidak hanya meliputi kekuatan-kekuatan individual, tetapi juga kelemahan bahkan juga kegagalan dirinya. Dalam mewujudkan tenaga profesional yang berkarakter dengan konsep diri positif, salah satunya dengan memberikan pelatihan dengan harapan dapat memicu seseorang untuk meningkatkan keyakinan akan potensi dirinya, berpandangan positif, menghargai orang lain, berkeratifitas tinggi, lebih produktif, dan kerjasama tim yang solid serta dapat memberikan pelayanan yang terbaik kepada mayarakat terutama dalam pelayanan kesehatan.

Kegiatan pelatihan konsep diri ini dibuka oleh Bapak Muslim anggota Komisi III DPRD Kabupaten Sijunjung. Salah satu nara sumber pada pelatihan ini adalah Wakil Bupati Sijunjung Bapak Arrival Boy dengan materi Cara Memanage Organisasi. Harapan beliau pelatihan ini perlu terus dikembangkan untuk menciptakan tenaga-tenaga yang tangguh, inovatif dan dapat bekerjasama dengan tim untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat Sijunjung. Materi yang diberikan antara lain Team Building, Trust Building oleh Davied Verronica, Aplikasi Personality Genetik dalam Komunikasi Tim oleh Mamanto Fani dan Komunikasi Berbasis Asertif oleh Reni Iskandar, M.Psi. Pada akhir kegiatan pelatihan tercipta 6 komitmen Dinas Kesehatan Kabupaten Sijunjung dalam memberikan pelayanan semakin baik yang ditandatangani Kepala Dinas, Sekretaris dan Kabid-Kabid dengan komitmen sebagai berikut:
1. Transparan
2. Disiplin
3. Kerjasama
4. Tanggung Jawab
5. Inovatif

Pelatihan diselenggarakan melalui dana APBD Kabupaten Sijunjung pada DPA Program Peningkatan Sumber Daya Kesehatan tahun 2017 yang dilaksanakan oleh Seksi Sumber Daya Manusia Kesehatan (SDMK) Bidang Pelayanan Kesehatan (Yankes) dan Sumber Daya Kesehatan (SDK) yang bekerjasama dengan Trainer-trainer dari First Class Academy dengan metode indoor dan outdoor. (Seksi Sumber Daya Manusia Kesehatan)