PUSKESMAS PADANG LAWEH DIRESMIKAN

28 Mar 2017 , Admin

Dirjen Yankes Kemenkes RI yang diwakili oleh Direktur Mutu dan Akreditasi dr. Eka Viora, Sp.KJ yang didampingi oleh Bupati Sijunjung, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sijunjung meresmikan mulai beroperasionalnya pelayanan kesehatan pada Puskesmas Padang Laweh Kecamatan Koto VII Kabupaten Sijunjung pada hari Senin tanggal 27 Maret 2017.

Puskesmas Padang Laweh merupakan puskesmas ke-13 di Kabupaten Sijunjung dan puskesmas ke-2 di Kecamatan Koto VII yang dibangun diatas tanah hibah masyarakat dengan biaya pembangunan fisik dari dana alokasi khusus (DAK) kesehatan tahun 2016 yang terdiri dari 1 gedung puskemas, 2 unit rumah medis dan 2 unit rumah paramedis ditambah 1 unit kendaraan Puskesmas Keliling yang akan menunjang mobilitas pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Wilayah kerja Puskesmas Padang Laweh meliputi Nagari Padang Laweh dan Nagari Padang Laweh Selatan dengan jumlah penduduk lebih kurang 11.000 jiwa, dengan pelayanan yang dapat diberikan antara lain: Pelayanan Poliklinik Umum, Poliklinik Gigi, Poliklinik Ibu dan Anak, Pelayanan Imunisasi, Pelayanan Laboratorium serta pelayanan apotik. Dan juga pelayanan yang bersifat gawat darurat (IGD) dapat dilayani.

Dalam sambutan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sijunjung drg. Ezwandra, MSc mengucapkan terima kasih atas bantuan seluruh pihak terkait yang telah memberikan dukungan dengan ikhlas sampai beroperasionalnya Puskesmas Padang Laweh. Dan dalam sambutan Bupati Sijunjung Yuswir Arifin berharap pembangunan puskesmas berkembang kedepannya menjadi puskesmas rawat inap. Pada Sambutan Dirjen Yankes yang disampaikan Direktur Mutu dan Akreditasi dr. Eka Viora, Sp.KJ menekankan pelayanan kesehatan kepada masyarakat belum selesai dengan hanya adanya bangunan fisik akan tetapi harus ditunjang dengan meningkatnya mutu pelayanan.

Acara peresmian dihadiri juga oleh Wakil Bupati Sijunjung, Pejabat Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat, Forkopinda Kabupaten Sijunjung, Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat, Kepala-kepala OPD Kabupaten Sijunjung, Anggota DPRD Kabupaten Sijunjung, Ketua TP-PKK Kabupaten Sijunjung, Ketua GOW Kabupaten Sijunjung, Direktur RSUD Sijunjung, Kepala BPJS Cabang Solok, Forum Kabupaten Sijunjung Sehat, Kepala Puskesmas se-Kabupaten Sijunjung dan Ketua-ketua organisasi profesi se-Kabupaten Sijunjung serta Ninik Mamak, Bundo Kanduang, Alim Ulama Cadiak Pandai Nagari Padang Laweh dan Nagari Padang Laweh Selatan.